Batam – bandar dunia yang madani?


 Banyak teman-teman yang memberikan Batam  beberapa kepanjangan,  diantaranya Bila Anda Tiba Anda  Menyesal, ada juga Bila Anda  Tiba Anda Menangis, tapi ada  juga Bila Anda Tabah Anda  Menang, yang agak nakal ada  juga, Bila Anak Tanya Ayah  Mana.

Anda juga mungkin punya  kepanjangan sendiri untuk  Batam.

Visi diatas saya ingat sudah digemborkan sejak hampir sepuluh tahun lalu. Salah satu progresnya adalah pembangunan pelabuhan ferry internasional di pusat kota Batam Center.

Perkembangan sosial dan ekonomi global merubah arah pembangunan kota Batam. Ketika saya bandingkan Batam dengan sepuluh tahun lalu, banyak perubahan yang terjadi.

Saya kira saat ini, ekslusifitas Batam sebagai daerah industri unggulan sudah tidak terlalu menjadi andalan, sekarang sering kita dengar aksi-aksi buruh perwujudan ketidakpuasan terhadap kebijakan perusahaan. Dulu sangat jarang terdengar.

Sampai saat ini, masih belum terpikir minimal bagi saya, Batam nih mau kemana?

Pertanian ga mungkin. Perdagangan? –  emang Batam punya apa? (oh iya saya, penyedia barang-barang kebutuhan murah yang bisa diborong oleh penduduk negara tetangga tiap akhir pekan, hehe . Industri? – outsource, sistem kontrak membuat pegawai was-was. Pariwisata – yah bisa dikit lah, tapi kan kalau itu-itu aja juga bosen.

Kalau mau bandar ngejar Singapur kayaknya masih kejauhan deh, lha wong FTZ nya aja ga jelas.

Mungkin salahsatu penyebabnya adalah peralihan pengelolaan Batam dari pihak Otorita Batam ke Pemkot buntut implementasi Otonomi Daerah.

Mungkin saya hanya bisa berdoa, mudah-mudahan para pemangku kepentingan di Batam bisa merumuskan visi yang benar-benar ideal untuk Batam.

Punten yah kalau sotoy,ini hanya curahan pikiran saja,,,hehe…

Batam – bandar dunia yang madani?

One thought on “Batam – bandar dunia yang madani?

  1. Harusnya Batam bisa dijadikan SIngapurnya Indonesia. Tapi sekarang kenapa jadi begini, bukankah dari awal sudah direncanakan demikian ? Kok semua jadi amburadul ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s