Salah Paham Investasi Dinar Emas

Ini sharing aja yah, saya juga masih belajar, kalau Mas  Ahmad Gozali baca bisa sekalian koreksi, web beliau juga  salah satu referensi.

Emas, sebagai komoditas bisa digunakan minimal jadi tiga  fungsi – ini diluar sebagai perhiasan yah – yaitu : sebagai  simpanan atau investasi penjaga nilai, sebagai pembayar zakat atau mas kawin dan sebagai alat tukar perniagaan.

Yang paling sering digunakan di Indonesia adalah fungsi kedua, yang pertama lalu yang ketiga.

Sebagai mas kawin, hampir setiap muslim yang menikah kebanyakan memilih perhiasan mas sebagai mahar atau mas kawin.

Sebagai investasi harga emas yang cenderung naik merupakan intrumen investasi yang relatif aman.

Nah, sebagai alat tukar perniagaan ini agak kurang karena mata uang Indonesia kan rupiah, kalau ada yang melakukan perniagaan memakai emas/ dinar sangat terbatas jumlahnya.

Sehingga ketika orang-orang rame membeli Dinar saat ini, menurut saya itu lebih mengejar fungsi kedua yaitu simpanan dan investasi pelindung nilai.

Jadi baik Dinar maupun Logam Mulia sama-sama yang menjadi tolok ukurnya adalah emas sebagai bahan dasar pembuatnya. Fluktuasi harganya juga mengikuti harga emas juga yang saat ini emas terus mencetak rekor harga yah.

Walaupun sampai saat ini tidak pernah turun secara drastis, apalagi baru saja saya baca twit pakar emas, Endy Kurniawan bahwa tidak ada alasan yang membuat emas akan turun drastis dalam 18 bulan ke depan. Tetapi prinsip utama investasi harus senantiasa mengenali profil resiko produk investasi kita.

Sama dalam investasi emas baik dalam Dinar maupun LM pun setiap resiko yang ada baiknya dipelajari sehingga tidak membabi buta dalam berinvestasi.

Salah Paham Investasi Dinar Emas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s