Berbeda harus punya sandaran….

Lebaran kali ini heboh karena Muhammadiyah dan hampir semua negara Islam lebaran lebih cepat dari Keputusan Pemerintah.

Saya ikut – eh, sama – dengan pemerintah karena beberapa pendapat ahli antariksawan berpendapat bahwa hilal akan sulit dilihat pada Senin, 29 Agustus dan diperkuat mayoritas saksi yang tidak melihat hilal pada hari itu.

Beberapa negara yang secara geografis lebih barat dari Indonesia banyak yang merayakan Lebaran hari ini yah termasuk beberapan teman serta Muhammadiyah yah itu tidak masalah yang penting tetap saling menghormati dan punya sandaran.

Yang – maaf – menurut saya konyol, ada yang berlebaran hari ini hanya karena ikut-ikutan negara lain atau lembaga lain tanpa ingin tahu sebabnya, hanya takut dosa karena hari ini orang-orang lain sudah lebaran kita masih puasa.

Yang lebih parah, ada orang yang berlebaran hari ini karena tidak suka kepada pemerintah dan ingin beda saja dengan pemerintah.

Yuk, kita sama-sama belajar dan saling menghormati.

Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Jika kalian melihatnya (hilal bulan Romadhon) maka berpuasalah. Dan jika kalian melihatnya (hilal bulan Syawwal) maka berhari rayalah, akan tetapi jika ia (hilal) terhalang dari pandangan kalian maka kira-kirakanlah”, dalam riwayat lain “…maka sempurnakanlah bilangan bulan Sya’ban menjadi 30 hari.” (HR. Bukhori dan Muslim).

wallahu ‘alam.

Berbeda harus punya sandaran….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s