Demo Buruh dan Prestasi Gubernur Jawa Barat

Kemarin beberapa teman marah-marah, jalan tol diblokir massa buruh.

Tidak semua teman-teman sie, ada juga beberapa teman yang memahami apa yang dilakukan buruh dan nanya-nanya tentang APINDO, Sofyan Wanandi dan seterusnya.

Masalah kenapa buruh sampai harus menutup jalan tol, saya pikir ini sederhana, ketika kita sampai pada kesimpulan bahwa aksi itu efektif kenapa tidak. Walau ada hak-hak orang lain terganggu, itu strategi perjuangan, hak mereka juga terganggu dan dibelenggu pengusaha.

Seperti kenapa kita masih masih melakukan aksi ke jalan bikin macet, untuk mendukung Palestina, karena baru itu yang efektif selain penggalangan dana. Sementara untuk isu lokal, selama masih ada jalur untuk memperbaiki yang lebih efisien dan efektif maka demo mulai ditinggalkan.

Awalnya saya pikir ini demo buruh biasa yang menuntut kenaikan UMK, nantinya berunding dan sepakat pada angkat tertentu. Ternyata demo buruh di Bekasi agak lain. Agendanya adalah menuntut pencabutan tuntutan APINDO terhadap SK Gubernur No.561/Kep.1540-Bansos/2011, tentang UMK Bekasi.

Dalam SK tersebuut Gubernur Jawa Barat mengambil kebijakan populis dengan menetapkan besaran UMK jauh di atas yang ditetapkan oleh hasil musyawarah pengusaha dan buruh.

Pengusaha berang dan menempuh gugatan ke PTUN, dan dimenangkan.
Buruh akhirnya menutup jalan tol, dan tetap menuntut UMK sesuai SK Gubernur dan menuntut mengadakan kembali dialog.

Dalam dialog tadi malam yang dipimpin langsung oleh Menteri Perekonomian Hatta Radjasa, diambil empat kesepkatan.

Diantaranya agar buruh mengakhiri blokir jalan tol dan yang prestisius adalah ditetapkannya UMK sesuai dengan keputusan Gubernur.

Menurut saya ini prestasi besar, walau kelihatannya dampaknya kecil. Prestasi besarnya dimana? yakni di Indonesia mulai ada pemimpin yang berani membela hak-hak kaum lemah seperti buruh. Mohon maaf selama ini kebanyakan pemimpin kalau musyarawarah UMK, biasanya lebih berat ke pengusaha dengan alasan takut investor kabur. Contoh kasus di Batam beberapa waktu lalu.

Lanjut pa Gub, terus bela rakyat kecil!

Demo Buruh dan Prestasi Gubernur Jawa Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s