Salah paham tentang DPR

Saya perhatikan banyak sekali teman-teman yang mencak-mencak sama anggota DPR.

Banyak proyek yang menghabiskan uang rakyat tanpa manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Kayaknya teman-teman ini kurang menyadari beberapa hal penting tentang DPR.

1. Anggota DPR sebagai anggota legislatif dipilih oleh rakyat dan dipilih oleh rakyat, yang menentukan dia terpilih atau tidak, kita semua. Mereka tidak direkrut melalui seleksi pegawai eksekutif/ CPNS. Sehingga pintar atau bodohnya mereka, kita yang menentukan, sekali lagi, Kita yang menentukan!

2. Sayangnya, menjelang Pemilu kita sudah apatis duluan, atau kita sengaja diapatiskan media, sehingga boro-boro mengajak orang lain untuk memilih calon anggota DPR yang bener dengan cara yang bener, kita sendiri bahkan males datang ke TPS.

3. Orang-orang kurang bisa membedakan sistem badan legislatif dengan birokrasi, sehingga kebanyakan melihat kerja legislatif dengan memakai kacamata birokrasi, yang satu komando, kompak dan jarang ada konflik. Padahal lembaga legislatif, para anggotanya memiliki hubungan setara sejajar dan tidak memiliki hubungan atasan bawahan, jadi ketika anggota DPR berpendapat sangat mungkin berbeda pendapat dengan anggota lain, jadi kalau ribut saja dan terjadi konflik menurut saya, wajar adanya.

4. Peran media sangat menentukan, mohon maaf yah, saat ini kasar atau halus, media menggiring publik pada suatu opini yang disetting, mungkin ini pendapat pribadi tapi silahkan amati sendiri. Hampir semua media terafiliasi pada suatu kekuatan politik tertentu. Termasuk dalam memberitakan berita-berita tentang DPR. Kongkrit yah, media ribut tentang renovasi lahan parkir DPR yang anggarannya Rp. 3 Milyar padahal Setneg (eksekutif) juga merenovasi lahan parkirnya dengan anggaran sekitar Rp. 10,4 Milyar, adem ayem saja tuh (saya baca tadi siang di salah satu media online).

Point lain nanti ditambahkan yah, ini sharing ringan saja lho yah.

Salah paham tentang DPR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s