Bandung Makin Macet (Studi Kasus Jalan Kopo)

Teringat beberapa waktu lalu status seorang teman sekelas di Sekolah Menengah, “Jika anda tidak mau darah tinggi anda kambuh, hindari keluar rumah di hari sabtu jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak”.

Harus diakui memang terasa dari tahun ke tahun volome kendaraan di kota Bandung makin padat seiring tumbuhnya populasi dan pembangunan kota.

Dibandingkan tahun 1997-an kemacetan Bandung jauh berbeda. Suatu hari Sabtu di tahun tersebut, saya bersama kakak dalam perjalanan pulang kampung pekanan. Menggunakan jalur Jalan Raya Kopo.

Tiba di sekitar Bojong Buah, sekitar perbatasan Katapang-Margahayu mobil yang berangkat dari terminal Leuwipanjang mengalami kerusakan dan mogok.

Waktu yang dibutuhkan ternyata lumayan lama, saya melihat sekeliling jalannya sepi mobil yang lalu-lalang masih jarang.

Berbeda dengan kondisi sekarang, anda akan merasakan lepas dari kemacetan ketika anda sudah lewat Warung Lobak, pada tahun itu kita sudah merasa lepas dari kemacetan bila sudah melewati Sayati.

Itu ujungnya, tengahnya? Makin padat. Mungkin anda yang suka memperhatikan, ketika Miko Mall dibangun di pertigaan tol Kopo ada banner raksasa bertuliskan, “Satu-satunya Mall di Kopo, pasti ramai”, harusnya diganti jadi “Satu-satunya Mall di Kopo, pasti ramai macet”.

Sebelum ada Mall ini dan tentu Kopo Mas daerah ini tempat sedikit menginjak gas agak dalam setelah menikmati kemacetan pertigaan Cijerah sebelum masuk ke daerah Sayati, dengan adanya pusat keramaian ini kemacetan dari pertigaan Cijerah langsung disambung kemacetan dari pertigaan tol.

Wildan Nasution salah saeorang penyiar radio di Bandung pernah berkelakar menetapkan Jalan Kopo sebagai Jalan termacet sedunia.

Ini cuma bahas jalan Kopo, silahkan sharing tentang Jalan lain.

Bandung Makin Macet (Studi Kasus Jalan Kopo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s