Jangan Jadi Korban Media

Hampir bisa dipastikan, media itu no value free, masing-masing media mempunyai kepentingan at least kepentingan bisnis, selainnya  bisa kepentingan politik, kepentingan ideologis dan kepentingan lain-lainnya.

Dalam demokrasi media disebut sebagai pilar keempat demokrasi selain eksekutif, legislatif dan yudikatif. Peran media dalam membentuk opini publik sangat penting untuk menggiring suatu kepentingan.

Pada saat ramai-ramai Cicak vs Buaya, media dan publik begitu tidak memihak kepada Susno Duadji. Saya bukannya suka melawan arus, cuma tahu kinerja beliau ketika jadi Kapolda Jabar. Saya termasuk korban kebijakannya, tidak bisa menembak bikin SIM, akhirnya bikin SIM dengan tes beneran. Itu salah satu contoh saja.

Ketika saya pasang status FB yang isinya kurang lebih dukung Pa Susno, orang mungkin melihatnya aneh, karena media menggiring publik untuk sebaliknya. Termasuk dua orang teman yang dulu jadi atasan di salah satu perusahaan.

Fakta mulai terkuak ternyata Pa Susno bukan pihak yang benar-benar bersalah dalam kasus penangkapan dua pimpinan KPK, lalu beliau dijerat kasus penggelapan dana pengamanan Pilkada Jabar saat ini tengah proses kasasi.

Begitupun melihat opini yang berkembang saat ini, dan sudah saya tulis kemarin. Media perlu kita lihat dan simak beritanya secara cerdas, cerna dulu, filter dengan baik. Lihat siapa yang punya, afiliasinya kemana dan punya kepentingan apa. Biasanya isi beritanya tidak jauh-jauh.

Itulah, saya masih belajar, pun mungkin juga anda, kita semua pembelajar.

 

Jangan Jadi Korban Media

2 thoughts on “Jangan Jadi Korban Media

  1. Muhammad Fathullah says:

    LOL, Media itu banyak yang ngaku-ngaku independen, padahal diatasnya itu petinggi-petinggi partai, pebisnis besar, dll.
    btw, kayak yang nggak nyambung sama judulnya hehehe… cmiiw.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s