Pernik Ramadhan

Jangan tertipu judul, ini tulisan ringan kok.

Kalau diperhatikan ada beberapa anomali yang terjadi saat ramadhan.

1. Berat Badan; Banyak orang yang inginnya sambil menyelam minum air, maksudnya selain menunaikan kewajiban shaum ramadhan juga bermaksud untuk diet alias menurunkan berat badan, tapi yang terjadi kebanyakan setelah ramadhan berat badan bukan turun malah meningkat, tanya kenapa? (1).

2. Goreng-goreng; Mungkin ini hanya terjadi di Indonesia, walau sudah jelas bahwa berbuka itu baiknya dengan yang manis-manis, tetapi itu benar-benar hanya untuk membatalkan shaum saja ketika maghrib tiba. Faktanya makanan yang selalu diserbu terlebih dahulu adalah goreng-goreng, dulu, saya kira ini hanya terjadi di Sunda atau Jawa ternyata di beberapa daerah luar Jawapun sama, menu utamanya ternyata bukan yang manis-manis tetapi goreng-goreng, tanya kenapa? (2).

3. Rumah Makan; Saya pernah tanya pemilik warung sederhana yang buka siang hari mengenai omset selama ramadhan. Saya tanya berapa penurunan omsetnya?, setengah berbisik dia jawab, bahkan sebaliknya omset rumah makannya yang dia buka memakai kain penutup (agar yang makan tidak ketahuan/menghormati ramadhan) ternyata omsetnya naik hampir dua kali lipat, nah lho, tanya kenapa? (3).

Pernik Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s