Memetik Mangga Muda

Tulisan ini bentuk kekecewaan dan kekesalan.

Jadi di depan rumah ada pohon mangga yang sedang berbuah, buahnya lumayan bikin orang-orang ingin mencicipi.

Untungnya buah yang sedang tumbuh itu menjorok ke pekarangan, biasanya menjorok ke jalan.

Kalau menjorok ke jalan, maka jangan tanya dalam beberapa hari saja mangga itu habis dipetik anak-anak yang main.

Bukan maksud saya tidak boleh, toh saya juga tidak bisa kontrol anak-anak itu setiap saat, kadang mereka ambil mangganya ketika kita tidak ada di rumah. Yang membuat saya kesal, anak-anak itu jadikan mangga buat mainan dan akhirnya dibuang. Kalau nunggu matang Insya Allah manfaat karena bisa dimakan.

Okelah itu anak-anak, karena buahnya sekarang menjorok ke pekarangan, susah mereka ambil itu mangga.

Tiap hari mangga yang tumbuh itu saya rawat, diperhatikan apa sudah matang atau belum, saya kasih penyangga takut mangga itu kena tanah dan seterusnya. Saya bermaksud petik mangga itu setelah benar-benar matang, istri saya selalu minta begitu, sayang kalau masih mentah,kalau sudah matang sebagiannya kita bagikan ke tetangga. Itu mangga saya pegang tiap hari!

Kemarin malam alangkah terkejutnya saya. Sore saya pergi karena dirumah ada acara buka bersama istri saya dan teman-temannya. Malam hari begitu saya pulang mangga itu habis dipetik teman-teman istri. Mungkin istri tidak enak juga melarangnya. Saya benar-benar kecewa, kayak anak kecil yang tidak tahan menunggu mangga matang mereka petik mangganya. Bukan saya tak mau kasih, ya mbo bilang dulu sama yang ngurus, mangga itu sedang dirawat sampai matang dulu.

Saya tidak tahu apa karena mereka takut tidak kebagian kalau mangganya nanti matang?

Jadi apa bedanya dengan perilaku anak kecil diatas? Bedanya mungkin mangga tersebut walau mentah tetap bermanfaat dan tidak dibuang seperti anak-anak di atas. Tapi dalam pandangan norma, dua-duanya sama-sama tidak punya etika! Demikian.

Memetik Mangga Muda

2 thoughts on “Memetik Mangga Muda

Leave a Reply

