Makan sama Goreng-goreng

Beberapa hari menjelang bulan Ramadhan, entah karena kebetulan uang sudah menipis makan dengan goreng-goreng saja. Tidak saya sangka hal ini terjadi lagi.

Ketika makan, saya ingat kejadian yang sama sekitar 15 tahun lalu. Waktu itu sedang sekolah di STMN Pembangunan, sekolah kejuruan dengan lama studi empat tahun.

Untuk berhemat saya kadang menginap di rumah kakak yang waktu itu karyawan swasta di sebuah pabrik di daerah Cibaligo.

Kakak tinggal di kamar kos kira-kira luasnya 3 x 3 meter. Namanya kontrakan panjang, kosannya banyak banget. Semua kamar mandinya di luar. Saya lupa berapa harga kosannya, yang jelas tiap pagi harus berlomba-lomba bangun pagi supaya bisa ke jamban duluan.

Bangun pagi shalat shubuh terus masak nasi, jaman dulu belum ada rice cooker, sehingga pakai kompor minyak tanah dan cara memasaknya pun dengan tradisional, yakni dua kali memasak, pertama; merebus beras supaya merekah, kedua; mengukus nasi untuk mematangkannya. Nyuci berasnya di selokan depan kamar kosan, airnya ambil dulu di sumur. Masaknya di pojok dekat pintu masuk kamar kos.

Lauknya apa? itu dia, Goreng-goreng, harganya Rp. 125,- (waktu itu). Ketika nasi dimasak saya sempatkan mandi dan beli goreng-goreng di warung luar komplek kontrakan panjang. Biasanya saya dikasih Rp.500,- cukup buat beli empat buah goreng-goreng. Nanti kita makan masing-masing dua buah goreng sebagai lauk sarapan pagi.

Tidak disangka makan dengan dua buah goreng-goreng ini saya alami lagi setelah 15 tahun. Artinya perjuangan belum selesai masih harus diteruskan dan lebih keras lagi.

Oh, jadi penasaran kontrakan panjang masih ada gak yah? saksi bisu perjuangan lulus sekolah ditengah berbagai segala keterbatasan.

Makan sama Goreng-goreng

6 thoughts on “Makan sama Goreng-goreng

Leave a Reply

