Manusia itu Bukan Mesin

Judul di atas seperti ngabejaan bulu bitis, tentu saja semua tahu.

Benar sekali semua orang tahu, tetapi dalam prakteknya orang-orang hebat terutama pengusaha biasanya gagal memanusiakan manusia.

Saya mohon maaf, berdasarkan pengalaman kebanyakan perilaku ini dipraktekan oleh para manajer usaha atau pengusaha yang berlatar belakang pendidikan teknik. Ini pandangan saya pribadi dan belum bersifat ilmiah, hanya pengalaman saja.

Orang yang belajar humaniora atau ilmu yang berhubungan dengan manusia atau lazim dikenal ilmu sosial maka ketika terjadi konflik dalam organisasi biasanya mencari solusi yang tidak mengorbankan salah satu pihak. Misal kalau ada masalah finansial atau ada kinerja yang kurang baik dalam organisasi, maka sekuat mungkin dicari terbih dahulu solusi yang membuat organisasi tetap solid dan tidak ada yang terpental dari organisasi, kalaupun ada yang harus terpental maka dilakukan seminimal mungkin dan diberikan pengertian sebaik mungkin.

Sebaliknya orang yang kurang wawasan pemahaman sisi humaniora, sebut saja manajer dan pentolan pengusaha yang berlatar belakang teknis, sependek yang saya amati, ketika ada bagian yang kurang perform maka akan langsung disikat, putus kontrak atau pecat. Di satu pihak memang harus dipahami organisasi mesti berlari tidak ada tempat bagi pengecut, tetapi sebaliknya mereka juga harus paham manusia buka mesin, banyak sisi kemanusiaan yang harus dipertimbangkan dan manusia juga punya sisi lain yang masih bisa dikembangkan, saya yakin itu!

Manusia bisa jadi punya keluarga yang bergantung padanya, punya ambisi dan punya target pribadi. Manajer harusnya mesti mampu menggali potensi-potensi itu sehingga kinerjanya menjadi optimal. Misalnya dengan rolling, penyegaran dan pelatihan.

Ketika manajer hanya menilai kinerja dan tidak mampu mendorong karyawan agar memiliki perform bagus, bisanya cuma gunta-ganti karyawan yang unperform, maka bagi saya dia bukan manajer, tetapi manajer-manajeran.

#edisiIngatkanDiri

Manusia itu Bukan Mesin

One thought on “Manusia itu Bukan Mesin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s