Berubah atau tamat!

Perubahan adalah sebuah keniscayaan, setiap yang berada di dunia ini senantiasan mengalami perubahan. Diundang atau tidak perubahan pasti dating menuntut dan menuntun kepada suatu kondisi yang kadang diinginkan atau dihindari.

Setiap entitas dipaksa untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi jika perubahan tersebut sebenarnya belum diharapkan datang.

Dalam cerita perubahan yang terjadi terhadap empat perusahaan terkemuka di dunia misalnya, IBM, HP, Kodak dan McDonald dituntut lingkungan untuk melakukan perubahan terhadap organisasinya.

Para manajer dituntut untuk mengambil kebijakan yang tepat sebagai respon adaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Carly Fiorina dari HP memilih untuk bergabung dengan Compaq untuk mempertahankan eksistensi dan meningkatkan sumberdaya dalam rangka menjaga perusahaan tetap berkompetisi.

Ketelitian Grossman dalam menilai pelanggaran yang dilakukan sebuah perusahaan untuk menyebarkan siaran olimpiade musim dingin 1994 di Lillehammer, Norwegia memicu perubahan di IBM dengan melakukan perluasan usahanya menjadi lebih komprehensif.

Kodak melalui David A. Carp juga merespon perkembangan teknologi informasi dengan melakukan perubahan fundamental dengan mengalihkan Kodak kepada produksi kamera digital yang mengundang gejolak di kalangan investor dan pengurangan karyawan secara signifikan.

Sementara itu, McDonald mau tidak mau harus mengalah dengan kencangnya tuntutan kampanye penyediaan menu makanan yang lebih sehat yang salah satunya digagas oleh seorang pembuat film independen bernama Morgan Spurlock. McDonald kemudian harus bekerja keras guna mengembalikan kepercayaan konsumen menggunakan slogan “I’m Lovin it” yang lebih bersahabat selain juga membuat menu “fresh salad”.

Intinya bahwa perubahan merupakan suatu kondisi yang mesti dirancang, diantisipasi dan direncanakan sehingga perubahan yang terjadi bukan hanya tidak mengganggu terjadap jalannya roda organisasi tetapi alangkah lebih baiknya jika perubahan dikelola sehingga berjalan menuju arah yang menguntungkan dan meningkatkan efektivitas organisasi.

Berubah atau tamat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s