10 Tahun Yang Lalu

Setiap orang sangat mungkin memiliki kisah berbeda 10 tahun yang lalu.

Hari-hari ini 10 tahun yang lalu, baru saja kuinjakkan kaki di Jatinangor memulai cerita, mengukir kisah dan menulis catatan perjalanan hidup.

Perjuangan baru untuk memahami konsep-konsep sosial yang sebelumnya hanya pengetahuan terbatas kemudian diraba untuk digunakan untuk menafsir jalannya kehidupan.

10 tahun lalu, memanfaatkan kesempatan ketiga alias terakhir untuk mengikuti SPMB -sekarang SNMPTN-, bangku kuliah ditembus dengan menggantungkan tawakal kepada-Nya. Doa saat itu, “Ya Allah, izinkan salahsatu keluarga saya ada yang mencicipi pendidikan tinggi!”. Dengan menghitung dengan cermat peluang yang dimiliki, Alhamdulillah Allah memberikan jalan, saya diterima di PTN.

Hari-hari ini sepuluh tahun yang lalu kami mahasiswa baru tengah disibukkan dengan berbagai agenda ospek dan materi-materi awal kuliah, yang sebagian besarnya waktu itu sulit saya pahami.

10 tahun yang lalu, kami gunakan buku biru sebagai bekal perkenalan dan menulis berbagai capaian kuliah yang ingin kami raih.

“Lulus 4 tahun dengan IPK 3,60” andai buku biru bisa ditemukan ingin sekali saya simpan untuk tunjukkan itu pada Sarah nanti atau pada siapapun atau pada saya ketika diterpa putus asa.

Ingin saya tunjuukkan tulisan pada buku itu dan yakinkan bahwa apa yang kita impikan sesungguhnya bisa kita capai, tahun 2006 lulus selama 4 tahun 2 bulan dengan IPK 3,58. Sedikit pergeseran yang saya anggap tidak signifikan.

Mimpi seorang anak kampung untuk mewakili keluarganya mengenyam bangku perguruan tinggi yang dengan susah payah diwujudkan.

Mudah-mudahan menjadi pemicu untuk merangkai mimpi-mimpi lain yang lebih indah dan berarti bagi saya, keluarga dan peradaban agar hidup yang sekali ini bisa menjadi berguna dan menenangkan perjalanan menuju peradilan dan tanggung jawab kepada Yang Maha Agung, pemberi hidup.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (QS. Al-Mulk: 2)

10 Tahun Yang Lalu

Leave a Reply

