Mulai (Belajar) Investasi

Baiklah, karena banyak teman-teman yang tanya-tanya tentang bagaimana kiat-kiat investasi, tulisan tentang investasi praktis sedapat mungkin akan sering dibahas di blog ini.

Jadi tiap bulan minimal ada empat surat dari agen reksadana yang dikirim ke alamat yang saya tentukan. Orang-orang pada heboh ingin tahu surat apakah itu? Mereka menyangka saya sudah kayak dan investasi dengan nilai besar, padahal?,,,,,padahal mah tidak!.

Saya bukan ahli keuangan walau masih ada cita-cita jadi independent financial planner bersertifikat, sudah beberapa kali mau ikut namun waktunya selalu tidak pas, saya cuma baca-baca buku tentang perencanaan keuangan dan ikut klinik keuangan.

Dari sedikit yang saya ketahui tersebut kemudian saya praktik berinvestasi pada sektor keuangan yang mungkin bisa saya ikuti dan karena saya muslim maka investasi tersebut harus halal.

1. Yang lupa ketika berinvestasi adalah siapkan dahulu dana cadangan yang besarnya mulai dari 6-12 kali besar pengeluaran rutin perbulan.

2. Kemudian tentukan tujuan, investasi itu untuk apa, sehingga nanti jelas jangka waktu investasinya.

3. Sadarilah bahwa yang namanya investasi itu ada resiko, terutama resiko invetasinya tidak berkembang, makanya siapkan dana cadangan.

4. Pilihlah investasi yang sesuai.

Nah, apa investasi yang sesuai bagi kita yang pemasukannya tidak terlalu besar alias kecil.

Saran saya adalah beli reksadana, karena ini mudah kita bisa beli mulai dari Rp. 100.000,-/ pembelian.

Kalau bisa nabung sendiri, tabungkan kemudian setelah jumlahnya cukup belikan dinar atau LM. Saya maksud LM disini adalah LM real/ nyata lho yah, bukan LM/ emas online yang lagi trend. Kemudian simpan emasnya, kalau khawatir maka simpan di safe deposit box, beberapa bank sedia layanan ini.

Kapan digunakan? yakni ketika kebutuhan yang kita rencanakan telah sampai, investasi tersebut tidak dianjurkan untuk dijual untuk sesuatu yang tidak direncanakan.

Saya sampai mana? nanti saya ceritakan!

Yuk sama-sama belajar!

Mulai (Belajar) Investasi

Leave a Reply

