Wilujeng Milangkala Dayeuh Bandung

Nelengnengkung, nelengnengkung
Geura geude geura jangkung
Geura sakola ka Bandung
Geura nyiar elmu luhung

Begitu kira-kira penggalan lagu yang nyaris semua kita pernah dengarkan semasa kecil. Orang-orang tua kita biasa melagukan syair tersebut kebanyakan ketika menidurkan anaknya. Lirik tersebut juga merupakan doa, agar anaknya semakin tinggi badannya dan segera menuntut ilmu yang tinggi ke Bandung. Pun Ibu dan orang-orang yang sayangi saya, masih dengan jelas dulu sering bawakan syair ini karena saya juga berasal dari kampung.

Kalau tidak salah, lirik di atas hampir senantiasa dibawakan di acara wisuda Universitas Padjadjaran, bagi orang tua yang pernah membawakan lagu tersebut ketika mengasuh dan menidurkan anaknya dulu lagu tersebut sangat berkesan, Sakola Ka Bandung atau lebih tepatnya menyekolahkan anaknya ke Bandung sampai berhasil lulus adalah cita-cita kebanyakan orang tua dulu, sangat mungkin sampai saat ini juga masih demikian.

Saya menerka lagu ini dibuat oleh dan untuk orang-orang yang berada di luar Kota Bandung tapi tidak jauh-jauh amat. Kalau orang yang sudah berada di Kota Bandung tentu lirik tersebut jadi kontradiktif. Ini artinya sejak dulu Bandung sudah menjadi pangjugjugan alias tempat tujuan dari berbagai tempat khususnya dari tempat seputar tanah Parahyangan sendiri.

Sejak pemindahan Kabupaten Bandung ke Bandung yang diresmikan pada tanggal 25 September 1810 maka tanggal inilah yang kemudian secara resmi diperingati sebagai berdirinya Kota Bandung. Kini sudah 202 tahun usia Kota Bandung, semakin hari semakin tumbuh padat, semakin heuring ku tangtung, walau tetap mempesona.

Bandung tumbuh bukan hanya sebagai tujuan pendidikan seperti dalam lirik di atas tetapi juga berbagai tujuan lain yang semakin luas. Berbagai macam manusia menuju Kota Bandung dari yang sekedar wisata sampai yang mengadu nasib di Bandung, yang tersingkir dari Kota Bandung, saya pikir juga ada. Tetapi saya yakin tetap inginkan suatu saat kembali datang ke Bandung.

Alhamdulillah, sampai saat ini saya masih diberikan kesempatan untuk menikmati Kota yang sangat saya banggakan ini. Tumbuh dan berkembang di Kota ini merupakan kebanggaan yang tiada bandingnya bagi saya. Mudah-mudahan bukan hanya ikut menikmati tetapi bisa berkontribusi bagi kemajuan Kota ini.

Saya berharap di tengah semakin semarak Kota Bandung, para pemangku kebijakan dan tentu dengan partisipasi aktif semua pihak bisa tetap menjaga kemolekan dan pesona Kota Bandung.

Wilujeng Milangkala Kota Bandung ka-202!

Lirik nambut ti dieu

Pami gambar nambut ti dieu

Wilujeng Milangkala Dayeuh Bandung

2 thoughts on “Wilujeng Milangkala Dayeuh Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s