Keberanian Ungkap Kebenaran Ala Mr. Cook

Ledakan pesawat ulang alik milik Amerika Serikat Challenger merupakan salah satu peristiwa yang masing sering dikenang oleh semua kalangan bukan hanya terbatas pada kalangan antariksawan.

Adalah seorang analis kebijakan NASA yang bernama Richard C. Cook yang secara berani mengungkap fakta sebenarnya tentang penyebab kecelakaan yang menyebabkan meledaknya pesawat Challenger dan mengambil pendapat yang berbeda dengan hasil penyelidikan resmi yang dilakukan oleh Komisi Roger.

Para teknisi di Morton Thoikol sebagai kontraktor yang bertanggung jawab dalam pembuatan Solid Rocket Booster (SRB) menemukan adanya potensi kerusakan O-Ring jika peluncuran dilakukan dalam suhu di bawah 530 F.

Pada 23 July 1985, Cook melakukan analisis, apakah diperlukan dana lagi untuk memastikan jaminan keselamatan dalam peluncuran pesawat Challenger, dia menilai bahwa diperlukan pekerjaan lebih lanjut untuk menyelesaikan potensi kerusakan pesawat yang sebenarnya telah diketahui oleh para teknisi yang langsung bertanggungjawab terhadap pembuatan SRB tersebut.

Tetapi memo dan informasi potensi kecelakaan yang diketahui oleh para teknisi itu tidak diperhatikan secara oleh jajaran manajemen. Kondisi ini yang kemudian berujung pada meledaknya pesawat.

Dari kejadian ini bisa kita ambil beberapa pelajaran diantaranya :

1. Kebenaran harus senantiasa diungkapkan pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat, walaupun melawan arus “kebenaran” yang saat itu berlaku. Dalam kondisi ini diperlukan dua hal utama yakni keberanian dan objektivitas.

2. Keberanian Richard C. Cook dalam mengungkap penyebab kecelakaan yang sebenarnya menjadi suatu contoh yang perlu dilakukan oleh setiap orang dimanapun dan kapanpun.

3. Sebelum menyampaikan kebenaran dengan bekal keberanian tersebut, harus dipastikan terlebih dahulu dan lakukan verifikasi terhadap fakta kebenaran yang akan diungkapkan.

4. Manajer/ pimpinan harus senantiasa memperhatikan masukan dari para bawahan dan pihak lain serta menghimpun informasi yang tepat dan lengkap dan mempertimbangkannya sebelum mengambil keputusan.

5. Profesionalisme dan integritas harus senantiasa menjadi pijakan utama dalam melaksanakan pekerjaan, tidak boleh ada informasi atau temuan yang disimpan atau di-peti es-kan untuk menghindari konflik yang bisa saja terjadi. Dalam hal ini pemimpin mempunyai peran penting untuk memastikan semua pegawai bekerja professional dan melaporkan semua yang terjadi baik atau buruk.

Keberanian Ungkap Kebenaran Ala Mr. Cook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s