Membangun Nilai Sesaat ala Albert Dunlap

Ketika seseorang dihadapkan pada suatu kondisi yang sangat berat, maka saat itulah segala kemampuan dan pengalaman dipertaruhkan. Albert Dunlap mungkin salah satu yang alami hal tersebut.

Fokusnya Dunlap pada pemotongan biaya di berbagai bagian perusahaan telah secara massif mengangkat namanya menjadi media darling, banyak pengamat yang menganggap bahwa Dunlap sebagai ahli dalam penyelamatan perusahaan-perusahaan yang sedang terpuruk.

Sejak direkrut menjadi CEO di Scott Paper Company, Dunlap berkeyakinan akan mengulangi kesuksesannya dalam membantu mengembalikan kejayaan perusahaan dari keterpurukan.

Pengalamannya di berbagai perusahaan sebelumnya seperti Sterling dan Lily Tulip makin memberikan kepercayaan dirinya bahwa dirinya adalah salah satu ahli dalam posisi CEO.
Keyakinan tersebut yang membawanya kemudian kepada sikap arogan dan memberikan sentiment negative kepada para pemegang saham Scott Paper. Selain kepada pemegang saham, kebiasaannya dalam memberikan keuntungan pada perusahaan dengan cara memotong biaya yang sangat ketat melahirkan berbagai kekhawatiran kepada berbagai pihak di dalam organisasi.

Dalam waktu singkat bahwa benar keuntungan perusahaan bisa kembali diraih namun untuk jangka panjang maka strategi yang disebut “Chainsaw Al” yakni pemotongan besar-besaran terhadap apapun yang berpotensi bisa dihemat demi efisiensi perusahaan ternyata tidak bisa berjalan sepenuhnya.

Diperlukan strategi lain yang lebih tepat, seperti penelitian untuk membangun dan melakukan berbagai terobosan dalam rangka membuat berbagai inovasi produk yang unggul untuk menawarkan sesuatu yang menarik bagi konsumen dapat memberikan kepercayaan kembali para pemilik modal untuk tetap berada disisi perusahaan.

Sebenarnya strategi ini tepat dan bisa digunakan untuk menambah nilai jual terhadap apa yang ingin ada lepas, bangun opini yang kuat sehingga menambah nilai anda atau barang anda kemudian lepas ketika opini berpihak dan sedang berada di puncak.

Beberapa kasus tampaknya gunakan hal ini, pencitraan jelang pemilihan bisa menjadi salah satunya.

Menarik? mau mencoba?

Membangun Nilai Sesaat ala Albert Dunlap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s