Mengelola Hambatan

Ketika sebuah perubahan akan dilakukan dalam sebuah organisasi maka biasanya akan setiap individu terbagi menjadi tiga kelompok satu yang mendukung, ada juga kelompok yang diam dan tentu saja ada kelompok yang menolak.

Terbaginya kelompok-kelompok dalam organisasi ketika menghadapi perubahan perlu ditangani dengan cermat oleh inisiator perubahan yang memimpin dan mengawal setiap tahap perubahan.

Bruce Miyashita dan Michael McCain dari Maple Leaf Foods sangat paham akan hal tersebut oleh karenanya ketika perusahaan menginisiasi perubahan melalui sebuah framework yang dikenal dengan Six Sigma, mereka tidak serta merta langsung lakukan perubahan secara drastis. Enam bulan setelah Bruce direkrut untuk lakukan tidak terjadi perubahan apapun baru kemudian setelah itu dia melakukan berbagai perubahan yang tepat, terencana dan sistematis sehingga resistance yang muncul bisa dia kelola dengan baik dan perubahan melalui implementasi Six Sigma di Maple Leaf Product bisa bejalan dengan efektif dalam rangka meningkatkan produktivitas.

Jeffrey D. Ford dan Laurie W. Ford (2009) memandang bahwa setidaknya ada lima cara agar dapat mengelola hambatan menjadi faktor pendorong produktivitas, yakni :

1. Dengan meningkatkan kesadaran bahwa perubahan merupakan suatu kebutuhan.
2. Ingat kembali terhadap tujuan yang ingin dicapai, bahwa tujuan tidak bisa selalu dicapai dengan cara yang sama.
3. Merubah perubahan, maksudnya adalah dengan menerapkan agenda perubahan dengan baik, tertata dan terencana dari sebelumnya yang dilakukan secara sporadic.
4. Membangun partisipasi dan keterlibatan orang-orang terutama yang memberikan dukungan di awal sehingga tercipta model-model yang baik sebagai akibat perubahan.
5. Memisahkan dan meninggalkan masa lalu sehingga mendorong setiap individu agar mempunyai keyakinan untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Mengelola Hambatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s