Hajatan dan Pergeseran Budaya

Masyarakat terus alami akulturasi. Perubahan budaya berjalan seiring perkembangan media komunikasi dan teknologi informasi.

Berbagai sisi kehidupan terkena imbasnya ada yang terpengaruh dan menjadi lebih positif, ada juga yang sebaliknya.

Salah satunya tradisi persiapan berbagai acara hajatan. Berbagai faktor pengaruhi tahapan pelaksanaan kegiatan hajatan.

Beberapa diantara anda bisa jadi seperti saya, alami berdesakan di dalam gedung sementara sajian makanan belum bisa di makan karena acara resepsi belum dimulai.

Selain itu sudah sangat jarang kita lihat guyubnya tetangga bahu membahu membantu yang punya hajat secara sukarela. Bukan hanya di kota pun di kampung budaya ini mulai luntur.

Bila acara hajatan seperti ini masih berlangsung kemungkinannya cuma dua. Kemungkinan pertama, keluarga tersebut keluarga sederhana, kemungkinan kedua kelurga tersebut ingin jaga tradisi kerukunan dan keguyuban masyarakat.

Semakin praktisnya pola hidup masyarakat pun merambah terhadap berbagai acara hajatan. Saat ini dengan semakin banyaknya jasa sewa peralatan pesta dan berbagai usaha katering, masyarakat jadi semakin dimudahkan ketika adakan acara hajatan.

Di satu sisi memang memudahkan tetapi di lain pihak hal ini sebabkan kerukanan, kekompakan dan keakraban masyarakat menurun.

Bagi saya yang orang kampung angkat-angkat kursi benerin posisi meja bareng dengan warga lain bisa jadi menyenangkan. Rasa capai jadi hilang ketika keakraban muncul diantara sesama anggota masyarakat.

Tapi saat ini -mungkin tidak di semua tempat-, gaya hajatan yang ada tidak lagi mampu memupuk kebersamaan masyarakat. Kadang tetangga dekatpun tidak tahu sebelahnya sedang ada acara apa.

Ini tidak tahu dimana letak kemundurannya, di sisi mungkin keluarga juga tidak ingin repotkan tetangga dengan keterlibatannya di hajatan tetapi disisi lain tetangga juga kagok untuk terlibat dalam acara tetangganya. Akhirnya dua pihak jadi saling kikuk.

Memang aneh yah, oh modernisasi.

Hajatan dan Pergeseran Budaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s