Tuntutan Perubahan Organisasi

Perkembangan teknologi informasi berdampak luas terhadap berbagai sisi kehidupan manusia. Setiap entitas sedikit banyak alami berbagai perubahan akibat perubahan berbagai cara hidup akibat perubahan yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi.

Organisasi pemerintah sebagai salah satu agen pembangunan juga terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Perkembangan ini menuntut organisasi untuk berubah dirinya menjadi semakin efisien, transparan dan akuntabel. Perubahan organisasi adalah suatu proses berubahnya keadaan organisasi dari kondisi saat ini yang belum efektif dan efisien menuju kondisi yang lebih baik.

Tuntutan perubahan pada organisasi dirasakan sangat mendesak untuk direspon oleh pemangku kebijakan di dalamnya. Hal ini bertujuan agar pelayanan dan pelaksanaan pembangunan bisa semakin efektif meningkatkan taraf hidup masyarakat agar semakin sejahtera.

Ian Palmer (2005) mencatat bahwa ada empat tuntutan yang mendorong terjadinya perubahan organisasi :

1. Faktor lingkungan; faktor lingkungan terus mengalami perubahan menuntut organisasi untuk juga berubah mengikuti perkembangan lingkungan.

2. Faktor Penyimpangan; ditemukannya berbagai penyimpangan dalam organisasi juga menuntut perubahan organisasi untuk mengembalikan roda organisasi pada relnya.

3. Faktor Masa Depan; Hadirnya masa depan perlu diantisipasi organisasi dengan melakukan perubahan sehingga organisasi bisa terus eksis meneruskan visi dan cita-citanya.

4. Faktor Alamiah Organisasi; setiap organisasi atau apapun yang ada di dunia pada hakikatnya mengalami perubahan sehingga perubahan merupakan hukum alam yang juga harus disadari oleh organisasi sebagai keniscayaan yang harus direncanakan dan dikelola sehingga mendukung produktivitas organisasi.

Berubah atau musnah!

Tuntutan Perubahan Organisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s