Strategi Pemasaran “Me-Too”

Tadi sore, karena lapar maka dimakanlah semangkok mie goreng. Ketika diperhatikan kemasannya ingatlah saya dengan cerita seorang dosen yang pernah menjadi konsultan produk tersebut. Bagaimana cerita rencana penestrasi pasar dari berbagai produk untuk saingi pemimpin pasar di segmennya masing-masing.

Boleh dibilang setelah dipelajari dengan seksama maka group usaha ini memang jago dalam menerapkan strategi me-too, yakni strategi mengikuti produk yang telah menjadi raja atau pemimpin pasar. Selain mie yang ikuti produk indofood, ada juga produk detergen yang me-too terhadap produk unilever dan yang paling baru adalah produk kopi bubuk yang me-too terhadap produk kopi terkenal.

Strategi me-too ini mudah diidentifikasi, salah satunya bisa dilihat dari kemasan yang didesain mirip dengan produk yang di me-too. Strategi seperti ini sah-sah saja, kemasan contohnya, hanya bisa dikatakan mirip dan masih tidak bisa dibilang niru.

Strategi ini memiliki keuntungan diantaranya, tidak terlalu memerlukan riset pasar, tinggal follow market leader, beres. Kentungan lain, sudah ditunggu pasar yang tidak tergarap oleh produk yang di me-too, karena biaya riset lebih kecil praktis biasanya harga jualnya lebih murah dari produk yang di me-too.

Oh, iya group ini tidak melulu pakai strategi me-too, saya tadi sore juga beli produk detergennya yang diproduksi ketika produk lainnya alami kenaikan harga, termasuk produk group ini sendiri yang me-too terhadap produk unilever. Ketika harga naik itulah kemudian mereka luncurkan produk baru yang harganya jauh lebih murah.

Mulai bisnis? Boleh dicoba.

Strategi Pemasaran “Me-Too”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s