Menghitung Hidup

Tidak terasa akhir pekan akan segera berakhir, dari akhir pekan ke akhir pekan, dari bulan ke bulan dari tahun ke tahun, rasanya hidup kita tidak terasa. Barang sedetik pun ternyata waktu ini tidak bisa kita hentikan, kita seolah dipaksa untuk terus menorehkan cerita, menuliskan kisah dan mengukir kenangan.

Kadang hidup kita “tau-tau”, tau-tau lulus SD, tau-tau lulus SMP, tau-tau lulus SMA, tau-tau lulus kuliah, tau-tau menikah, eh tau-tau punya anak, trus apalagi. Tentu saja berbagai kisah dan cerita melampiri capaian-capaian tersebut. Kadang-kadang kita termenung lama, banyak sekali lembaran hidup kita, banyak sekali cerita yang sayang untuk dilupakan dan banyak kenangan yang tidak sengaja kita ingat kembali.

Namun di lain pihak, ternyata juga harus disadari ternyata, dengan semakin banyak cerita, kisah dan kenangan, kita juga bertanya-tanya berapa lama lagi waktu tersisa, apakah waktu yang telah kita gunakan, 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun itu sudah optimal sebagai bekal?.

Banyak yang dicapai tetapi tentu juga banyak yang gagal kita capai, apakah itu kemudian menjadi standar kesuksesan hidup kita? Ternyata kita diajarkan, itu bukan standarnya, tetapi sejauh mana kegiatan dan aktivitas kita selaras dengan apa yang harusnya kita lakukan sebagaimana seharusnya.

Dua pekan ke depan, rata-rata mahasiswa di berbagai PTS masuki pekan Ujian. Ternyata bagi kita keseluruhan hidup kita adalah ujian, ujian apakah hidup kita sesuai dengan garis yang telah ditetapkan. Nilainya akan akan dibagikan nanti pada waktunya, sama seperti ujian mahasiswa.

Mudah-mudahan hidup sisa hidup ini bisa semakin berguna, dimanapun dan apapun posisi kita. Amin.

Menghitung Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s