Pemimpin Publik

Kemarin terlibat diskusi hangat mengenai seorang pimpinan daerah yang dikabarkan oleh sebuan akun anonim kepergok berada di lokasi yang dinilai tidak pantas. Dari semua topik diskusi ada sebuah hal yang menggelitik, mungkin karena yang bersangkutan kurang paham dan sulit bedakan pemimpin yang dihasilkan dari proses politik dan pemimpin yang ditunjuk dalam sebuah sistem demokrasi.

Menyamakan keduanya merupakan suatu kekeliruan, karena yang satu kita pilih sendiri sementara yang satu ditunjuk oleh pihak berwenang untuk menjadi bos kita, kita sama sekali tidak memilih.

Dalam sebuah diskusi seorang profesor mengatakan bahwa seorang pejabat publik memiliki dua dimensi kepemimpinan, yakni sebagai pemimpin pemerintahan dan pemimpin daerah.

Sebagai pemimpin pemerintahan, seorang pemimpin publik merupakan sesuatu yang given, maksudnya birokrasi tidak bisa memilih siapa yang akan menjadi pimpinannya, yang puncak dipilih masyarakat sementara pimpinan langsungnya ditentukan oleh sistem.

Di lain pihak sebagai pemimpin daerah semua komponen masyarakat berkesempatan yang sama untuk menentukan siapa yang akan menjadi pimpinan daerah.

Loyalitas kita terhadap kedua pemimpin yang jenisnya berbeda tetapi orangnya hanya satu ini dibatasi oleh sistem aturan dan norma. Keduanya jika suatu saat melakukan hal yang melanggar hukum maka harus diusut dan diadili sesuai aturan yang berlaku.

Di tanah air tidak semua norma dan nilai yang ada di masyarakat kemudian diakomodir menjadi aturan hukum, sehingga banyak yang nilai etika yang juga harus diindahkan oleh para pemimpin sebagai wujud kepentasan menjadi pemimpin.

Bagi pemimpin yang given, kita agak sulit menghindari, jika pimpinan kita di tempat kerja kurang baik susah perbaiki kecuali kita benahi sistemnya dari atas. Namun bagi pemimpin yang kita disitu miliki peluang untuk memilih sendiri maka kita harus pergunakan dengan tepat dan mengajak sebanyak mungkin orang lain untuk memilih calon pemimpin yang tepat.

kitu meureun!

Pemimpin Publik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s