FPI Bubar?

Dampak dari peristiwa di Astanaanyar pada malam takbiran lalu selain ditetapkannya tersangka pelaku dalam peristiwa tersebut juga seperti biasa pemberitaan masif di media nasional sebabkan desakan pembubaran salah satu ormas islam yang kita kenal sebagai Front Pembela Islam.

Apakah mudah membubarkan ormas? Sangat susah! Ormas itu mewakili suatu paham atau keyakinan tertentu, sama seperti keyakinan yang dianggap menyimpang oleh ormas, ormas juga miliki pemahaman tertentu.

Bendera atau nama hanya mewakili entitas yang diwakili ormas tersebut, jika bendera atau nama dilarang, tinggal ganti saja dengan nama lain, apa susahnya.

Bagi saya, lihat gambar besarnya. Negara ini dibangun melalui kesepakatan-kesepakatan yang jelas memiliki sistem dan aturan tertentu.

Jika kita telisik pada peristiwa yang terjadi, bisa jadi ada faktor yang salah dilakukan ormas tersebut terhadap kelompok lain, sepenuhnya sepakat jika ada pelanggaran maka pelakunya mesti ditindak tegas.

Namun ketika, peristiwa tersebut lahir akibat pembiaran aparat berwenang terhadap aktivitas ilegal yang dilakukan kelompok masyarakat dan menyalahi aturan hasil kesepakatan komponen bangsa maka hal itu pun harus juga ditindak tegas. Bahkan harus lebih tegas karena jika tidak peristiwa ini akan terus terjadi berulang.

Seperti mematikan kobaran api maka dengan hanya memadamkan api yang berkobar tanpa mencari dan menyelesaikan akar kebakarannya maka hal itu sama saja dengan membiarkan potensi kebakaran terjadi di masa yang akan datang.

FPI Bubar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s