Kilas Masa Lalu: Juara Cerdas Cermat P4 Kabupaten Bandung Tingkat SD Tahun 1992

Kisah ini terjadi tahun 1992 ketika baru duduk di kelas 6 SD. Setahun sebelumnya di kelas 5, saya alhamdulillah menang lomba cerdas cermat tingkat SD se-Kecamatan Ciwidey.

Berkat prestasi ini, setahun kemudian saya dengan orang teman sebagai pendamping kiri dan kanan maju mewakili lomba cerdas cermat P4 tingkat Kabupaten Bandung.

Babak penyisihan mempertandingkan wakil-wakil kecamatan di tingkat gugus. Kalau tidak salah kecamatan Ciwidey berada di gugus 3, unggulan dari gugus ini adalah kecamatan Soreang yang merupakan ibukota Kabupaten Bandung.

Gugus lain pun demikian, rata-rata yang menjadi unggulan gugus tersebut adalah kecamatan yang merupakan kota di wilayah tersebut, misal kecamatan Majalaya untuk Majalaya dan sekitarnya, Kecamatan Cililin untuk Cililin dan sekitarnya dan seterusnya.

Oh iyah, waktu itu Kabupaten Bandung begitu luasnya, luasnya sama dengan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Singkat cerita, alhamdulillah babak penyisihan dapat dilalui dengan baik, dan setiap pemenang berhak masuk ke babak final. Di final kami harus menghadapi kecamatan Banjaran dan favorit juara Kotif Cimahi.

Dalam final tersebut dibagi dua babak, pertama babak bergilir dimana setiap tim memilih amplop dan menjawab sepuluh pertanyaan yang diajukan, kemudian dalam babak rebutan, seluruh tim berlomba menjawab lima belas pertanyaan.

Hasil di babak giliran dan pertengahan babak rebutan tidak menguntungkan kami. Ketika babak rebutan menyisakan 5 pertanyaan saja, kami yang waktu itu mendapatkan undian sebagai regu C baru mendapatkan nilai 1000 tertinggal jauh dari regu A kecamatan Banjaran yang raih 1400 dan regu B Kotif Cimahi dengan 1500.

Waktu itu hampir semua termasuk kami merasa pesimis merebut lima pertanyaan tersisa, sehingga saya berpikir untuk melupakan juara.

Apa dinyana, alhamdulillah lima pertanyaan tersebut berhasil kami rebut semua dan dijawab dengan benar sehingga kedudukan menjadi sama antar kami dengan regu B, sama-sama 1500.

Karena hasil akhir ada regu dengan raihan sama, maka panitia harus memberikan pertanyaan yang harus direbut oleh dua regu tersebut, dan alhamdulillah kami bisa menekan bel terlebih dahulu dan menjawab soal dengan benar.

Seketika ruangan pun ramai karena tidak menyangka tim yang tidak diunggulkan dan berasal dari kampung bisa membalikkan keadaan di saat akhir dan mengalahkan tim dari perkotaan dengan kualitas siswa yang secara ekonomi lebih baik.

Dengan hasil tersebut kami menjadi Juara Cerdas Cermat tingkat SD se-Kabupaten Bandung dan berhak mewakili Kabupaten Bandung dalam ke tingkat Provinsi.

#sweetmemory

Kilas Masa Lalu: Juara Cerdas Cermat P4 Kabupaten Bandung Tingkat SD Tahun 1992

3 thoughts on “Kilas Masa Lalu: Juara Cerdas Cermat P4 Kabupaten Bandung Tingkat SD Tahun 1992

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s