Negeri Opini

Beberapa waktu lalu terlibat dalam sebuah diskusi informal dengan beberapa teman dalam beberapa waktu yang berlainan.

Topik lebih dari satu dalam tiap diskusi. Dari semua jalannya diskusi saya menangkal satu hal, kuatnya pengaruh opini di negeri ini.

Bisa dibilang sumber kebenaran dalam hidup kita saat ini selain tuntutan agama dan hukum positif negara juga ada opini, entah mana yang lebih utama, kadang opini sering menjadi landasan utama.

Jika opini yang berkembang menyebutkan Si A salah dan dibungkus dengan berbagai pelintiran informasi maka seketika publik tanpa babibu lagi memvonis yang bersangkutan salah.

Ada sebuah entitas politik yang melakukan dialog dengan para calon pemimpin daerah untuk menjalin koalisi, dari hasil dialog yang serius dan lama, entitas itu arahkan dukungan pada calon A, sementara kemudian media menggiring opini dengan berbagai spekulasinya bahwa putusan entitas itu keliru.

Opini berkembang publik terpengaruh, entitas yang tidak kuasai jaringan media, walau sudah lakukan dengan benar, divonis dan dipojokkan, alasannya pilihannya keliru dan penilaian tersebut hanya berdasarkan giringan opini, kasihan teman saya itu, padahal sebentar lagi gelar master akan digenggamnya, masih mau dipolosin media.

Media punya kepentingan, bahkan beberapa diantaranya dimiliki tokoh politik yang tentu sedikit banyak pengaruhi pemberitaan.

Tetapi itu juga negeri kita, opini masih secara lembut dihembuskan dan dikemas secara rapi sehingga tidak kita sadari bahwa sebenarnya sedang menggiring keyakinan kebenaran kita ke arah tertentu.

Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan lindungan pada kita agar senantiasa melandaskan kebenaran-Nya, Amin.

Negeri Opini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s