Perlukah Keuangan direncanakan?

Kebanyakan dari kita yang tinggal di negeri dengan mayoritas muslim mempercayai atau memakai dalil ketuhanan dalam kebanyakan hal. Termasuk penting atau tidaknya mempersiapkan rencana keuangan untuk tujuan tertentu dan mengelola aset yang kita miliki.

Kita lebih banyak percaya bahwa segala sesuatu telah ditetapkan oleh Allah SWT, kadang bahkan ini dilakukan sebelum ikhtiar dilaksanakan dengan optimal. Hal seperti ini menyebabkan kita jarang secara presisi mempersiapkan berbagai hal salah satunya berkaitan dengan persiapan atau perencanaan yang berkaitan dengan keuangan.

Ungkapan “pas butuh ada”, sering kita gunakan menutupi kemalasan atau kengganan kita membuat perencanaan yang matang tentang tujuan-tujuan kehidupan kita. Pernah, dalam suatu obrolan dengan dua orang teman, mereka waktu itu bersimpulan sama pada satu hal bahwa anak akan sangat baik jika dijaga langsung oleh ibunya sendiri. Tetapi mereka gagal menyepakati bagaimana mereka akan punya rumah, teman satu bilang, biarin saja nanti akan ada rezekinya dari Allah, sementara yang satu lagi berpendapat bahwa perlu dipikirkan bagaimana mendapatkan sebuah rumah dengan hanya suami saja yang berpenghasilan.

Entah mana yang benar, saya pikir kedua pendapat itu benar, kita perlu tetap bertawakal kepada Allah tetapi dengan tetap mencari cara yang paling rasional untuk mencapai tujuan kepemilikan rumah. Dari kasus seperti ini maka dirasakan perlunya sebuah rencana keuangan yang rasional yang mampu memberikan gambaran yang jelas bagaimana kita mendapatkan tujuan-tujuan dalam hidup.

Memiliki rumah adalah hanya salah satu contoh kasus tujuan keuangan yang perlu direncanakan, hal lain tentu saja masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan membuat suatu rencana keuangan yang baik untuk mencapainya baik kebutuhan yang mendasar seperti rumah, pendidikan anak sampai keinginan untuk memiliki gadget perlu direncanakan dengan baik.

Menurut anda penting juga? Kalau penting mudah-mudahan bisa saling berbagi yah.

Perlukah Keuangan direncanakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s