Cashflow Masih Negatif Kok Mau Invetasi

Prioritas selanjutnya dalam perencanaan keuangan adalah mengatur cashflow supaya positif. Disini biasanya banyak gagal karena ini buka sekedar merubah angka-angka di atas kertas tetapi berkaitan dengan life style alias gaya hidup.

Bagaimana akan melakukan invetasi untuk mencapai tujuan masa depan jika alur pengeluaran selalu lebih besar dari penghasilan. Masyarakat kita tidak sedikit yang memiliki gaya hidup dari yang seharusnya. Setiap kenaikan penghasilan atau gaji selalu disalip dengan naiknya gaya hidup melampaui yang seharusnya.

Mau lihat contoh gaya hidup? Lihat pusat-pusat belanja di Bandung menjelang lebaran sadar atau tidak akhirnya terbagi sesuai dengan gaya hidupnya, bukan hanya sekedar penghasilannya. Masyarakat ke bawah rata-rata berbelanja baju ke Pasar Baru, kalangan menengah bisa jadi belanjanya ke Matahari dan semacamnya, kalangan atas belanja mungkin ke Metro dan semacamnya.

Sama juga seperti makan, -maaf- ada gaya hidup warteg, ada kalangan rumah makan padang, ada kelas rumah makan padang sederhana. Ketika minum kopi juga sama kelas kopi bubuk sachet sampai nonkrong di Starbucks semua ada kelasnya. Mencoba sekali-kali tidak ada salahnya, yang penting sadar cashflow ada tujuan kebutuhan yang harus dicapai.

Saya hanya ingin bahas secara umum saja dulu, ketika ingin memperbaiki cashflow menjadi positif secara garis besar ada dua cara, pertama, tambah penghasilan misal dengan buka usaha atau lakukan side job dan yang kedua atur pengeluaran, mana yang harus diatur itu kia sendiri yang tahu dan memang lebih enak jika dibimbing perencana keuangan.

Itu dulu aja yah, silahkan yang mau ngasih feedback.

*Ngopi dulu

Cashflow Masih Negatif Kok Mau Invetasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s