Anakku Mau Sekolah Dimana?

Kemarin saya bbm-an sama teman sekolah dulu yang sekarang menjadi guru di sekolah tersebut. Hebat juga teman saya, tidak semua orang bisa berbakti di almamaternya.

Kemudian saya teringat saat masuk sekolah dulu. Sekolah saya lama pendidikannya lebih lama setahun, orang-orang sudah pada lulus saya masih harus tempuh setahun lagi. Alhamdulillah sampai saat ini masih termasuk sekolah favorit di Jawa Barat bahkan tanah air (ia gitu?).

Tahun 1996, saya masuk dengan uang pangkal Rp. 532.000,-. Tahun lalu berdasarkan informasi teman saya uang masuk sekolah saya mencapai Rp. 5.000.000,- kenaikannya sekitar 18%-20% pertahun.

Jika anak saya sekarang baru 1 tahun maka diperkirakan masuk SMA sekitar 14 tahun lagi. Dengan inflasi biaya pendidikan sekitar 20% pertahun maka dana yang harus saya persiapkan 14 tahun yang akan datang sekitar Rp. 65.000.000,-. Mantaps!.

Jika saya menabung perbulan maka dana pendidikan untuk SMA anak saya yang pertama, inget yah cuma SMA dan hanya untuk satu anak, diperlukan menabung sekitar Rp.311.000,-/ bulan. Namun jika kita berinvestasi cukup Rp. 42.000,-/ bulan.

Jadi menurut saya penting kita memulai investasi, minimal banyak cari tahu tentang itu.

Ini baru buat SMA saja dan buat satu anak, belum untuk TK, SD, SMP dan Perguruan Tinggi, belum lagi buat anak yang kedua, ketiga dan seterusnya. Kita bahas lain waktu yah.

*Ngopi Lagi

Anakku Mau Sekolah Dimana?

2 thoughts on “Anakku Mau Sekolah Dimana?

Leave a Reply

