Generasi Sandwich dan Dana Pensiun

Anda tahukan sandwich? Daging atau makanan lain yang dijepit oleh roti. Saya tentu belum pernah coba makan, kalau sandwich bohongan buatan sendiri sih pernah. Simpel saja karena bahannya kebanyakan daging, sementara saya vegetarian.

Lalu apa hubungan sandwich dengan generasi sandwich? Generasi sandwich adalah generasi yang terjepit diantara dua generasi di atas dan di bawahnya. Di satu sisi harus menyiapkan dan membiayai anak-anaknya agar mendapatkan kehidupan di masa datang, namun di satu lain harus mengurus kehidupan orang tuanya yang sudah produktif.

Kalau punya kekayaan yang melimpah dan mencukupi tentu tidak masalah, namun jika sebaliknya? Nah, Jika tidak kita sadari dan ambil aksi mulai sekarang bisa jadi kita juga akan membuat anak kita menjadi generasi sandwich di masa yang akan datang.

Lalu Bagaimana?

Ada beberapa solusinya, tetapi satu yang paling utama harus kita siapkan adalah menyiapkan dana pensiun, sehingga nanti ketika sudah tidak produktif lagi, dana pensiun itu bisa digunakan dan kita tidak membebani anak-anak kita, Insya Allah.

Berapa dana pensiun yang perlu kita siapkan? Itu bisa dihitung dari berapa pengeluaran kita dalam sebulan. Jika pengeluaran sebulan saat ini sekitar Rp. 5.000.000,- dan umur anda sekarang 30 tahun dan akan pensiun pada usia 55 tahun maka dengan inflasi sekitar 15%/tahun, pengeluaran anda pada saat pensiun adalah sekitar Rp. 165.000.000,-/ bulan atau butuh sekitar Rp. 2 Milyar/tahun, jangan shock yah!

Sudah selesai? Belum dong. Berapa kira-kira usia harapan hidup kita, rata-rata kita anggap orang Indonesia usia harapan hidupnya sampai usia 70 tahun. Maka kita perkirakan adalah masa 15 tahun hidup setelah pensiun. Masa 15 tahun ini yang harus dibiayai dari dana pensiun.

Maka kebutuhan total dana pensiun selama 15 tahun dengan gaya hidup kita saat ini (ini kalau gaya hidup kita tidak naik yah) yang habiskan Rp. 5.000.000,-/ bulan kebutuhannya sekitar Rp. 52 Milyar lebih. Ini beneran nih, hitung deh sendiri.

Nah lho, kalau anda andalkan tabungan yang bunga atau bagi hasilnya sekitar maksimal 5%, anda perlu menabung Rp. 88 Juta/ bulan. Wuih, gaji setahun aja mana nyampe cuiy. Nah, jika anda berinvestasi secara benar, maka anda cukup menyisihkan sekitar Rp. 270.00,- saja perbulan.

Pilih mana?

Generasi Sandwich dan Dana Pensiun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s