Sudah Punya Dana Darurat Belum?

Judulnya agak panjang. Biarin deh. Ini menjawab apakah rencana keuangan hanya benar-benar dibutuhkan couple person? Tentu tidak semua orang mau single atau pasangan apalagi sudah punya anak tentu sebaiknya punya rencana keuangan.

Langkah awalnya sama kok, beresin hutang konsumtif dan bikin cashflow kita positif. Setelah itu baru buat tujuan-tujuan keuangan. Namun hampir semua perencana keuangan mewajibkan setiap orang terlebih dahulu menginstal emergency fund atau lazim dalam bahasa kita disebut sebagai dana darurat.

Dana darurat apaan tuh? Dana darurat bisa juga kita sebut sebagai dana cadangan. Dana digunakan untuk keadaan-keadaan darurat saja. Misal tiba-tiba kehilangan pekerjaan, sakit, kita alami kecelakaan atau tiba-tiba ketemu calon pasangan yang cocok dan langsung ngebet nikah, apalagi yah, bisa juga digunakan kalau keluarga kita ada yang alami hal tadi, bisa kita gunakan dana tersebut tapi harus langsung kita cicil lagi setelah digunakan biar jumlahnya kembali utuh.

Berapa besarnya? macam-macam. Buat yang single besarnya 3 kali biaya hidup perbulan. Pasangan keluarga belum punya anak atau beranak satu atau dua bisa besarnya dana darurat adalah 6 kali biaya hidup perbulan. Untuk keluarga besar dengan anak lebih dari tiga besarnya dana darurat antara 9-12 bulan kebutuhan sehari-hari.

Lalu disimpan dimana? Kalau kecil sih simpan saja semua di tabungan terpisah tapi berkartu atm. Bila besar bisa dibagi antara tabungan dan deposito.

Yuk kita mulai bikin!

Sudah Punya Dana Darurat Belum?

3 thoughts on “Sudah Punya Dana Darurat Belum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s