Praktik Hitung Biaya TK

Kemarin sambil bayar rekening PAM, sebelum pulang menyempatkan mampir ke TK yang lumayan terkenal di Bandung, lokasinya di sekitar belakang Lucky Square.

Tanya-tanya mengenai penerimaan siswa baru sekaligus minta brosur dan daftar biaya. Pendidikan Pra Sekolah di tempat ini terbagi tiga, yakni Daycare, Pre-School setara Playgroup dan Kindergarten setara Taman Kanak-Kanak.

Sayangnya menjelang pulang flyer kebasahan untung masih bisa dibaca. Sudah jadi prinsip bahwa anak jangan terlalu lama di sekolah, maka akhirnya hanya fokus pada biaya TK saja. Dihitung kemungkinan biaya nanti kalau tidak memungkinkan berarti harus turunkan standar.

20130615-083547.jpg

Biaya masuk TK tersebut pada tahun ini total mencapai Rp. 8.050.000,- dan SPP Bulanannya Rp. 350.000/ bulan atau Rp. 4.200.000,- kemudian ada biaya media (dibayar pertahun) rata-rata Rp. 1.800.000,-. jika di total biaya yang dibutuhkan setahun adalah Rp. 14.050.000,-.

Jika tidak direncanakan keuangannya untuk penuhi dana tersebut maka jika anak kita saat ini berusia 2 tahun dan akan masuk TK tersebut diperkirakan 3 tahun lagi dengan asumsi kenaikan biaya 15%/ tahun biayanya menjadi Rp. 21 Jutaan.

Bila kita ingin rencanakan dengan tabungan maka setiap tahun mesti menabung Rp. 7 Jutaan atau sekitar Rp. 600 Ribuan/ bulan. Jika akan dipenuhi dengan emas bisa beli program cicil emas sekitar 40 gram, dengan cicilan Rp. 703 Ribu/bulan. Sedangkan jika berinvestasi dana yang perlu anda sisihkan perbulan adalah Rp. 430 Ribu.

Ternyata lumayan juga bebani cashflow, mungkin harus cari yang lebih murah deh.

Praktik Hitung Biaya TK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s