Prasangka

Hati-hati jika anda melakukan simpulan terhadap sebuah generalisir atau membaca dan menyikapi kesimpulan. Sebuah komunitas terdiri atas mayoritas dan minoritas. Sangat keliru jika kita melakukan simpulan menapikan minoritas. Tidak enak yah istilahnya, pake minoritas dan mayoritas kayak penganut pluralisme. Tetapi itulah hidup.

Kesalahan kita terutama adalah membaca generalisasi sama dengan kondisi keseluruhan. Jika dikatakan bahwa, PNS itu yang masuk dengan cara menyogok atau titipan sekitar 90%. Berarti ada 10% lagi yang masuk tidak pakai cara itu atau misal jika 93% politisi itu diasumsikan korupsi maka ada 7% yang tidak sama.

Kesalahan umum kita membaca data tersebut biasanya adalah bahwa semua PNS masuk dengan cara menyogok dan titipan atau semua politisi diasumsikan korupsi. Fatal ini tuan, ini berarti kita sudah memfitnah sisanya yang mungkin tidak melakukan praktik kotor.

Kita dituntut oleh berbaik sangka, jika secara faktual belum terbukti melakukan tindakan kotor maka prasangka yang harus kita miliki adalah baik.

Yuk, berhati-hati. #ingatkandiri

Prasangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s