Immitation Games: Pentingnya Mengelola Rahasia

Karena tidak sabar, akhirnya menonton Immitation Games di situs online daripada nunggu muncul di cineplex. Lama Filmnya juga lumayan. Sekitar 1,53 jam, nyaris dua jam.

Isinya filmnya, menurut saya, bukan kepada teknis bagaimana Alan Turing memecahkan Sandi dari Mesin Enigma milik NAZI. Film lebih berisi kepada kisah hidup Alan Turing sendiri.

Banyak adegan menarik. Namun yang paling menarik adalah bagaimana konflik terjadi ketika kode dipecahkan. Hugh berpikiran untuk langsung melaporkan temuannya, namun Turing menahannya. Turing berpikir bahwa lebih baik untuk Jerman tetap tidak tahu bahwa dia dan timnya telah memecahkan sandi rahasia.

Turing bahkan menyarankan kepada Pemerintah agar tidak menggagalkan semua serangan Jerman dan hanya memilih beberapa serangan yang penting dan menentukan. Ini semua dilakukan untuk menjaga agar pihak Jerman tidak curiga dan tidak mengatur ulang mesin Enigma.

Dari sini kita bisa pelajaran bahwa strategi untuk merahasiakan apa yang menjadi rahasia, ternyata begitu penting. Pada suatu saat, ternyata menyimpan rahasia sebagai strategi untuk bisa menebak langkah pihak lain, sangat penting.

Temuan Turing dan kawan-kawan ini ditengarai sangat bermanfaat untuk mempercepat selesainya Perang Dunia II.

Langkah Turing dalam tetap bersikap dan berperilaku tidak berhasil memecahkan enkripsi mesin Enigma, padahal timnya sebenarnya telah berhasil, mungkin bisa kita terapkan dalam hidup kita di beberapa bagian.

#tulisannyabelepotan

Ini trailernya

Immitation Games: Pentingnya Mengelola Rahasia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s