Jebakan Zona Nyaman

Zona nyaman itu memang membunuh. Artinya bukan membunuh secara lahir tetapi menumpulkan kemampuan karena jarangnya menemukan tantangan.

Itulah kenapa kita butuh tantangan, untuk membuat kita tumbuh. Walau demikian kebanyakan kita -termasuk saya- biasanya menghindari tantangan, karena tantangan identik dengan kesulitan. Setiap orang tidak mau menemui kesulitan dalam hidup, umumnya demikian.

Padahal yang membesarkan orang adalah kesulitan-kesulitan itu. Setiap melalui kesulitan, (harusnya) setiap orang mendapatkan hikmah/ pelajaran. Pelajaran ini yang membuat maqom orang tersebut naik.

Makanya berada di zona nyaman itu menjebak. Hidupnya linier. It’s oke jika dalam keadaan lingkungan turbulensi. Tetapi dalam kondisi biasa, zona nyaman membunuhmu. Membunuh akalmu, membunuh pertumbuhan pengetahuan dan kemampuanmu.

Adalah menjadi keharusan siapapun yang berada di zona nyaman untuk menyadari hal itu. Menjaga dirinya untuk terus tumbuh. Kalau tidak ia dapatkan di lingkungannya, mesti dicari di lingkungan lain.

Semakin banyak lingkungan, hidup kita makin dinamis, makin banyak mengenal karakter orang. Namun tentu harus disesuaikan dengan kondisi waktu, keuangan dan fisik kita.

Waspadai zona nyamanmu!

Jebakan Zona Nyaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s