Membuat Dana Pensiun Sendiri

Beberapa hari ini sedang hangat-hangatnya wacana penghapusan tunjangan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil. Kalau sudah menyangkut keuangan, wacana ini segera ramai dibicarakan di kalangan para aparat birokrasi.

Sampai saat ini, wacananya masih belum jelas benar. Ada beberapa wacana, seperti penghapusan tunjangan pensiun dari APBN, artinya tunjangan masih diberikan tapi bukan dari APBN. Ada juga wacana tunjangan pensiun dibayar dimuka, seperti pesangon.

Wacana apapun yang berkembang, sudah sepatutnya sebagai individu kita respon dengan baik. Respon terbaik menurut saya adalah dengan membuat dan mempersiapkan dana pensiun sendiri.

Berdasarkan analisis terhadap beberapa pensiunan. Dana Pensiun ini berhasil menurunkan gaya hidup para pegawai. Salah satu BUMN terkemuka misalnya, terkenal dengan pengelolaan dana pensiun yang baik dan stabil. Tapi ternyata hasil dana pensiunnya tidak dapat menunjang gaya hidup selama jadi pegawai.

Hal prinsip yang hampir selalu dilewatkan adalah menghitung dulu kebutuhan dana pensiun yang diperlukan, sehingga angka kebutuhan dana pensiun secara presisi bisa diperkirakan. Setelah besaran dana pensiun ada baru kemudian mencari instrumen/ produk investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan kita untuk mencapai besaran dana pensiun tadi.

Lebih cepat, atau lebih muda usia mulai membentuk dana pensiun, dana investasi yang dibutuhkan menjadi lebih kecil. Dan sebaliknya.

Membuat Dana Pensiun Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s