(Kembali) Tentang Resiko Investasi

gambar resiko

Dalam sebuah diskusi beberapa waktu lalu, salah seorang teman terlihat tertarik untuk lakukan investasi untuk pendidikan anak namun terganjal ketika tahu bahwa investasi memiliki resiko.

Saya bukan ingin bukan membahas macam-macam resiko investasi, jika kita sejenak bahwa, hampir keseluruhan kehidupan memiliki resiko.

Begitu juga dengan investasi, tentu memiliki resiko. Resiko ini harus dikelola, supaya resiko menjauh dari investasi yang dilakukan. Bisa dengan menggunakan jangka waktu dalam berinvestasi, membentuk dana darurat atau membeli sejumlah proteksi untuk menutupi resiko.

Walaupun sudah berupaya sedemikian rupa apakah resiko jadi hilang, tetap saja ada, tetapi mengecil. Seperti orang hidup yang memiliki resiko mati, apakah dengan menjaga perilaku hidup sehat untuk mengurangi kematian, tetapi apakah resiko kematian menjadi hilang tetap saja ada, bukan?

Jadi mengapa harus berinvestasi kalau beresiko, karena kita memerlukan pencapaian tujuan keuangan kita —pendidikan anak, dana pensiun, ibadah haji, rumah yang lapang, mobil yang nyaman— secara efektif dan lebih cepat.

*Gambar dari http://www.teropongbisnis.com

(Kembali) Tentang Resiko Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s