Pelajaran dari Olimpiade

Hari-hari ini adalah hari-hari terakhir olimpiade Rio. Banyak yany bisa kita pelajari dari dunia olahraga, salah satunya adalah tentang lapang dada.

Tiga kali berturut-turut gagal capai posisi puncak setelah berada pada momentum untuk merebutnya adalah nasib buruk. Untuk hal ini ada dua orang yang seperti itu, sependek yang saya amati di dunia olahraga.

Yang pertama adalah Wang Hao, petenis meja China. Masuk final pada nomor tunggal putra berturut-turut, Athena 2004, Beijing 2008, London 2012, Wang Hao gagal meraih emas. Dua kali kali digagalkan rekan senegara — 2008, kalah oleh Ma Lin. 2012, kalah oleh Zhang Jike — dan sekali oleh Atlet Korea Selatan Ryu Seung Min, jadikan Wang Hao cetak hattrick Failed. 

Atlet kedua adalah Lee Chong Wei, beberapa jam lalu, upaya ketiga kali untuk raih emas olimpiade hapus sudah, setelah kalah dua set langsung dari Chen Long. Pada dua olimpiade sebelumnya Chong Wei dua kali takluk pada atlet China lainnya, Lin Dan.

Baik Wang Hao maupun Lee Chong Wei adalah pemain besar, sikapnya tetap respek pada lawan maupun kawan. Mereka tetap berdua tetap atlet besar pada cabang olahraganya masing-masing walau tidak cicipi emas olimpiade.

Satu atau dua gagal capai posisi kunci tidak berarti seseorang kerdil, karena mungkin nasib saja tidak berpihak padanya. Lionel Messi mungkin juga merasakannya selama menjadi punggawa timnas. Kegagalan berikan tropi pada tim negaranya tidak menghilangkan kebesaran namanya.

Jadi, satu atau dua kesempatan kunci terlewat biarkan saja. Tetap berikan usaha terbaik sehingga titik hitam tersebut bisa kita tutupi hamparan lembaran berwarna putih.

Pelajaran dari Olimpiade

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s