Antara Tahun Lalu dan Tahun Ini

Tahun lalu, akibat restrukturisasi organisasi, kita terlambat melakukan eksekusi anggaran yang jumlahnya meningkat. Awalnya meningkat sekitar 700% kemudian dirasionalisasi menjadi 500%. Anggaran sejumlah itu baru efektif dieksusi September 2015. 

Dengan jumlah sumber daya yang terbatas, alhamdulillah akhir tahun bisa finish dengan serapan sekitar di atas 70%. Ini prestasi luar biasa karena tengah tahun serapannya hanya sekitar 6% saja.

Itu tahun lalu, anggaran melimpah sementara waktu yang ada sangat mepet. Dampaknya beberapa bagian anggaran tidak bisa dibayar dan harus dibayar pada tahun anggaran berikutnya.

Tahun ini, waktu tersedia cukup banyak. Namun sayang asumsi penerimaan meleset jauh sebabkan penghematan luar biasa. Saking luar biasanya. Anggaran yang jumlahnya hanya 40% anggaran tahun sebelumnya terus-terusan direvisi, terakhir dikabarkan sedang direvisi lagi sekira 30%.

Jika tahun kemarin dampaknya banyak pos anggaran yang tidak bisa dibayar. Maka dikabarkan — karena belum putusan akhir– tahun ini, semua kegiatan utama yang masih tersedia dihapus. 

Ini sebabkan beberapa orang menganggur sampai akhir tahun. Kecuali beberapa orang yang terlibat penyelesaian hutang pembayaran pada tahun lalu.

Demikian sekelumit sebuah kisah #BukanDiNegeriDongeng

Antara Tahun Lalu dan Tahun Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s