Investasi atau Trading?

Beberapa waktu ada seorang kawan bertanya, “MI apa yang bagus?”. Dalam ranah investasi MI adalah Manajer Investasi, yakni perusahaan penjual Reksadana. Karena pertanyaan langsung menanyakan MI yang bagus, saya pikir kawan ini sudah cukup paham dunia Investasi khususnya Reksadana, maka saya jawab dengan beberapa nama MI yang memang selama ini dikenal bagus dan banyak direferensikan para perencana keuangan.

Namun apa lacur, percakapan kami selanjutnya lebih berkutat tentang bagaimana meraih keuntungan dalam waktu singkat dan selalu terfokus berapa keuntungan perbulan, pertahun dan semacamnya. Tidak salah menanyakan keuntungan yang bisa diraih dalam waktu singkat namun, bagaimanapun juga investasi adalah menaruh uang pada kegiatan usaha sektor riil yang dijalankan oleh sebuah usaha. Usaha bisa untung atau rugi yang akan berdampak pada nilai investasi kita, juga bisa naik atau turun nilainya.

Kemudian yang bersangkutan membandingkan dengan temannya bahwa bisa untung sekian persen dalam waktu tertentu (dalam waktu singkat). Itu namanya trading saham, yang ilmunya berbeda dan perlu teknik serta perlakuan yang berbeda. Kita mesti belajar lebih banyak berbagai analisis dan memiliki waktu yang banyak untuk melihat pergerakan bursa, untuk menentukan kapan masuk dan keluar dalam waktu singkat. Ini trading.

Sementara Investasi relatif lebih lama karena seperti menabung kita tidak perlu terlalu sering memantau pergerakan bursa. Kita biasanya berinvestasi reksadana untuk tujuan/ kebutuhan tertentu walaupun tidak ada larangan kalau berinvestasi di reksadana tanpa suatu tujuan.

MI biasanya bernama bla bla bla Asset Management karena suatu MI tidak hanya melakukan investasi pada saham, tapi bisa juga pada obligasi, surat utang dll. Untuk berinvestasi atau trading di bursa saham kita akan berurusan dengan kantor Sekuritas yang mengkhususkan berinvestasi/ trading di bursa saham.

Dengan bertanya MI apa yang bagus, saya mengira udah lumayan ini, eh ternyata aku kecele.

Investasi atau Trading?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s