Gorontalo, Simbol Perjuangan Umat Islam

Bandara Jalaludin Gorontalo

Judul di atas sepertinya memang tidak melebih-lebihkan. Sebelum tahun 2001 dan keran reformasi serta otonomi daerah dibuka, Gorontalo yang berpenduduk sekitar 95% muslim ini berada dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara yang beribukota di Menado.

Begitu reformasi dan otonomi daerah dilaksanakan masyarakat Gorontalo paling awal mengajukan pemekaran wilayah menjadi provinsi sendiri. Alasan utamanya karena wilayah yang begitu luas, sehingga perlu peningkatan pelayanan masyarakat dengan membangun pemerintahan daerah yang lebih dekat dengan masyarakat.

Dibalik itu ternyata yang mendorong pemekaran wilayah ini, semangat masyarakat Gorontalo untuk dipimpin oleh Gubernur yang pas bagi mereka. Sebelum menjadi provinsi sendiri, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara tempat wilayah Gorontalo bernaung selalu dipimpin oleh Gubernur yang mereka nilai kurang pas dan tidak merepresentasikan masyarakat Gorontalo. Pemimpin selalu dipilih dari wilayah Menado dan sekitarnya.

Alhamdulillah, pada tahun 2001 Gorontalo menjadi Provinsi sendiri dengan Gubernur yang sesuai dengan keinginan masyarakat Gorontalo sendiri.

Gorontalo bisa, bagaimana dengan anda DKI?

Gorontalo, 5 September 2016

Gorontalo, Simbol Perjuangan Umat Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s