Film Sully (2016)

Sully adalah film yang diambil dari kisah nyata pendaratan di sungai Hudson pesawat US Airways 1549. Pendaratan di sungai terpaksa dilakukan setelah kawanan burung menabrak pesawat tak lama setelah lepas landas dan menyebabkan kedua mesin pesawat mati.

Setelah opsi untuk mendaratkan pesawat di dua bandara terdekat tidak memungkinkan, Kapten Sully memutuskan untuk melakukan water landing di sungai Hudson. Pendaratan berhasil menyelematkan semua penumpang dan awaknya.

Sully seketika dianggap pahlawan oleh sebagian besar media massa dan publik, tapi tidak bagi National Transportation Safety Board — kalau di sini semacam KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi). Sully dianggap bersalah dan harus disidang, karena dianggap membahayakan penumpang dan awak penerbangan. Mereka menganggap dari simulasi yang ada pesawat masih bisa kembali ke bandara asal atau mendarat di bandara terdekat dan tidak mendarat di Sungai.

Di akhir cerita, Sully berdasarkan pengamatan waktu simulasi yang dilakukan berhasil membuat dugaan penyelidik salah karena tidak memperhatikan waktu antara tabrakan dengan waktu yang digunakan Pilot dan Co-Pilot untuk memeriksa kondisi dan mengambil keputusan. Padahal semua bukti dan opini sudah mengarah dan memojokan Sully.

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini, terutama keyakinan akan kebernaran yang perlu kita pertahankan sembari mencari bukti serta argumen yang tepat untuk menjungkalkan semua opini yang dibangun untuk memojokkan.

Lihat trailer film Sully di sini

Film Sully (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s