Menikmati Bandung

Menikmati Bandung itu tiada habisnya. Walaupun macet semakin menggila tapi Bandung tetaplah Bandung, Kota dengan sejuta pesona.

Bila kita baca Buku terbaru “Bandung Purba”, penulis mengungkapkan bahwa penduduk Bandung sudah mulai merangsek ke lereng-lereng untuk membuat hunian baru.

Bandung makin penuh. Pintu tol Pasteur macet bukan hanya akhir pekan, tetapi hampir tiap hari. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi macet dilakukan. Hari-hari ini macet makin menggila akibat pembangunan itu.

Cihampelas makin macet karena pembangunan Skywalk. Baru saja ada orang menjadi korban akibat galian di sekitar Dago. Kawasan  selatan Kiaracondong macet karena jalan sedang di beton, sementara di Kiaracondong sebelah Utara laju lalu lintas juga tertahan karena pembangunan Flyover. Walau saya tidak yakin apakah usaha ini akan mengurangi kemacetan Kota. Tidak, saya tidak yakin.

Bandung harus segera membangun sistem transportasi massal, kalau tidak sebentar lagi macet seperti Jakarta bisa kita nikmati pula di Bandung. Tapi bila mau membangun transportasi massal modern seperti MRT dari mana biayanya? Itulah masalahnya. Tapi katanya sedang dimulai pembangunan koridor awal, semoga!

Bandung oh, Bandung, pesonamu membuat orang-orang berdatangan menyemut, menikmati keindahanmu. Tinggallah para pemimpin Kota berpikir keras membuat Bandung tetap nyaman, bukan hanya untuk pendatang tapi juga untuk warga Bandung. Bukan cuma untuk kalangan menengah ke atas yang bisa menikmati Bandung, tapi bagi semua kalangan.

Demikian, coretan teu puguh warga Kota Bandung.

Menikmati Bandung

2 thoughts on “Menikmati Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s