4 Juli 2002, Dari Karyawan ke Mahasiswa

Perjalanan hidup memang kadang terjadi dengan cepat. Salahsatunya adalah kisah pertengahan 2002 ini.

Shubuh itu, anak jelang usia 22 tahun harus mengarungi perjalanan panjang sendirian. Perjalanan disebut panjang karena baru besok sorenya baru akan tiba di tempat tujuan.

Bapak tidak bisa mengantar, karena terbiasa itikaf di mesjid sampai terbit fajar, Ibu hanya bisa mengantar sampai ujung gang, selanjutnya perjalanan harus dilakoni sendirian.

Terminal Ciwidey baru saja berpindah tempat sekira dua hari, sehingga perjalanan dari rumah yang biasanya cukup dengan berjalan kaki, kini harus ditempuh dengan ojek atau angkutan. Saya lupa waktu itu naik angkutan atau ojek.

Perjalanan Elf Mitsubishi L300 yang dijadikan moda angkutan Ciwidey – Bandung ini terbilang lancar, karena Bandung tidak semacet sekarang, ditambah perjalanan dilakukan masih dalam gelap.

Sampai di Leuwipanjang perjalanan dilanjutkan dengan Bus Kota Jurusan Leuwipanjang – Dago kemudian turun di Stasiun Bandung untuk dilanjutkan menggunakan Kereta Api sampai Stasiun Gambir. Barulah sampai Stasiun Bandung sesuai rencana bertemu dengan kawan yang sama-sama akan kembali ke Batam.

Dari Stasiun Gambir kami menggunakan taksi menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Sopir taksi bilang bila tenggat waktu kami sempit, dia agak ngebut menuju Pelabuhan. Untung perjalanan lancar, sekira jam 13.30 kami tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dan langsung menuju Kapal Motor (KM) Kelud, KM ini akan membawa kami ke Pulau Batam. Perjalanan ditempuh sekira 24 jam, jadi jam 14.00 besok hari baru kami akan tiba.

Alhamdulillah perjalanan lancar. 5 Juli 2002 kami sampai dan kembali beraktivitas seperti biasa.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)

Setelah SPMB (sekarang SBMPTN) selesai dilaksanakan, perjalanan itu kami lakukan. Sebagai karyawan swasta kami mendapat jatah cuti tahunan selama 12 hari. Saya waktu itu menggabungkan jatah cuti selama dua tahun.

Cuti kami gunakan untuk mempersiapkan ikut SNMPTN di kesempatan terakhir. Pembelian formulir tidak sempat kami beli sendiri dan titip beli pada saudara kawan yang juga ikut SPMB.

Alhamdulillah, dengan strategi yang tepat, saya bisa lulus dan resign dari tampat kerja sebulan kemudian.

Cerita disambung pada tulisan selanjutnya.

4 Juli 2002, Dari Karyawan ke Mahasiswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s