Sekali lagi, Asuransi bukan Investasi!

Banyak berdiskusi dengan orang-orang untuk menyiapkan dana pendidikan anaknya, kebanyakan kawan menyiapkan dengan membeli produk asuransi pendidikan. Dalam dunia keuangan produk ini lebih dikenal dengan unitlink menggabungkan dua barang yang berbeda menjadi satu, yakni Asuransi dan Investasi.

Sederhananya begitu, karena sebernarnya tidak sesederhana itu. Dua barang tersebut harus memiliki izin yang berbeda. Disamping itu kedua barang tersebut juga memiliki peruntukan berbeda. Asuransi diperuntukkan melindungi kita dari peristiwa yang tidak kita inginkan. Apakah kita ingin anak kita tidak memiliki pendidikan? tentu saja tidak, maka sebenarnya terminologi asuransi pendidikan menjadi term yang keliru.

Sementara Investasi diperuntukkan untuk akumulasi/ mengumpulkan dana/ aset lebih cepat untuk mencapai tujuan finansial yang diinginkan. Jenis-jenis invetasi kita paparkan lebih jauh nanti yah.

Menyiapkan dana pendidikan dengan asuransi pendidikan tentu saja lebih baik dibandingkan dengan tidak menyiapkannya sama sekali. Ini merupakan bentuk tanggungjawab terhadap masa depan anak-anak.

Namun sebaiknya dihitung terlebih dahulu perkiraan dana pendidikan yang perlu dikumpulkan sampai jenjang tertentu buat anak, setelah itu kita lihat kemampuan keuangan keluarga, berapa yang bisa kita alokasikan buat penyiapan dana pendidikan kita. Terakhir kita pilih jenis dan produk investasi yang sesuai dan efektif untuk mencapai dana pendidikan yang kita inginkan.

 

Advertisements
Sekali lagi, Asuransi bukan Investasi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s