itb. ac. id dan detik. com siapa yang punya?

Tugas kita kali ini adalah mencari hal-hal tentang itb.ac.id dan detik.com:
1. Siapa pemilik domain?
2. Alamat Name Server (NS) yang digunakan?
3. Mail eXchange (MX) record yang dipakai?
4. Bisakah di zone transfer?
5. Berapa subdomain tingkat 4 dari itb.ac.id?

Nomor 1 dan 2 Pemilik Domain dan Alamat Name Server yang digunakan

Untuk itb.ac.id langkah yang saya lakukan adalah membuka register.pandi.or.id. Ini karena domain utama dari itb.ac.id adalah .id, sehingga saya membuka situs utama untuk pengelolaan domain id.
Lengkapnya sebagai berikut (itb.ac.id):
1. Buka dengan browser : register.pandi.or.id
2. Pada Domain Check, masukkan “itb” dengan top level domain “ac.id”, kemudian klik tombol “Cek!”.
3. Akan tampil informasi :

Dengan ini Saya mendapatkan jawaban no 1 dan 2 untuk itb.ac.id.

Informasi mengenai detik.com Saya cari melalui http://www.whois.net, Saya menemukan bahwa register untuk detik.com adalah perusahaan NETWORK SOLUTIONS, LLC. Hasil lengkapnya :

Karena biasanya .com didaftarkan oleh perusahaan internasional, Saya membuka situs http://www.networksolutions.com untuk mengetahui sebetulnya siapa dari Indonesia yang mendaftarkan detik.com. Informasi yang didapatkan adalah sebagai berikut :

Informasi mengenai siapa pemilik detik.com dan Name Server yang digunakan telah berhasil ditemukan. Dengan demikian pertanyaan nomor 1 dan 2 untuk detik.com telah dijawab.

Nomor 3. MX Record
Sekarang Saya akan mencari informasi mengenai MX record. Situs yang Saya gunakan untuk mencari informasi MX record adalah http://www.mxtoolbox.com. Hasilnya:

1. detik.com

2. itb.ac.id

Nomor 4. dan 5. Zone Transfer dan sub-domain level 4
Jika suatu domain yang bisa dilakukan zone transfer terhadapnya dari jaringan luar, kemungkinan ada security hole pada jaringan tersebut yang bisa dieksploitasi.
Zone transfer dilakukan dengan perintah host –l .

1. http://www.detik.com
Untuk domain detik.com, tidak dapat dilakukan zone transfer. Tampaknya domain detik.com membatasi penggunaan perintah zone transfer.

2. http://www.itb.ac.id

Perintah zone transfer bisa saya lakukan dengan mengaksesnya dari dalam jaringan domain.
Tools yang digunakan adalah nslookup yang tersedia di hampir seluruh OS. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
– Ketik nslookup pada menu run, kemudian akan tersambung ke name server ns1.itb.ac.id.
– Ketik ls -d itb.ac.id. untuk menampilkan keseluruhan tipe subdomain.
– Hasil keluarannya dapat langsung berbentuk file dengan mengetikkan ls -d itb.ac.id > “nama_file”.”format file”, contoh: ls -d itb.ac.id > dnsitb.txt.

Untuk domain itb.ac.id ini, terdapatsebanyak 398 subdomain pada level 4 yang tertera pada tabel di bawah ini:

itb. ac. id dan detik. com siapa yang punya?

Leave a comment